Home » Kesehatan » Ciri-ciri Wanita Hamil Yang Perlu Diketahui

Ciri-ciri Wanita Hamil Yang Perlu Diketahui

ciri-ciri-ibu-hamil

Apa itu Hamil / Kehamilan ???

Kehamilan adalah suatu masa yang di mulai dengan pembuahan antara sperma dan sel telur dan berakhir dengan permulaan persalinan

Ciri-ciri Wanita Hamil
Wanita hamil secara kasat mata dapat diamati dari perubahan fisik dan bisa juga melalui perilaku. Pada umumnya, ciri-ciri fisik wanita hamil akan mulai terlihat setelah 2 minggu masa hamil, sementara pada usia 3 minggu akan semakin jelas terlihat, dan puncaknya akan benar-benar jelas diketahui setelah masa hamil berumur 1 bulan.

Berikut ini ciri-ciri wanita hamil yang perlu anda ketahui:

  1. Ngidam makanan
    Ini adalah ciri paling klasik dan paling mudah ditebak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90% wanita hamil mengidamkan makanan aneh di bulan pertama kehamilan mereka. Penyebab wanita hamil mengidam makanan adalah karena adanya perubahan hormon di dalam tubuhnya. Tapi meski demikian mengidam bukanlah tanda kehamilan yang pasti kecuali jika tanda tersebut diikuti oleh ciri-ciri kehamilan yang lain di daftar ini.
  1. Aerola menghitam
    Jika aerola atau kulit di sekitar puting susu berubah warna menjadi kegelapan maka ada kemungkinan terjadi kehamilan, meskipun juga perubahan warna tersebut bisa muncul karena pengaruh dari kehamilan sebelumnya.
  1. Perdarahan dan kram
    Sekitar seminggu setelah ovulasi kemungkinan wanita hamil akan mengalami kram dan perdarahan berupa bercak-bercak merah muda. Hal ini disebabkan oleh sel telur yang terus masuk ke lapisan endometrium.
  1. Sering buang air kecil
    Setelah janin mengalami implantasi dan mulai memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG), maka kemungkinan besar calon Ibu akan sering buang air kecil. Ini terjadi karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar. Keluhan beser ini biasa akan berkurang setelah kehamilan berusia 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.
  1. Merasa kelelahan
    Saat hamil wanita akan memproduksi hormon progesteron dalam jumlah besar dan merasa sangat capai seolah-olah habis lari maraton puluhan kilo setelah beraktifitas rutin. Kelelahan adalah salah satu ciri awal kehamilan meskipun bukan gejala yang pasti.
  1. Payudara membengkak
    Saat hamil payudara akan mengalami pembengkakan mirip saat menstruasi dan terasa lebih lembut jika disentuh. Puting payudara yang membesar dan berwarna gelap bahkan terkadang terasa sangat gatal dan sakit. Penyebabnya adalah karena adanya peningkatan kadar hormon, setelah tubuh terbiasa, pembengkakan dan rasa sakit biasanya akan berangsur hilang.
  1. Indra Penciuman Lebih Sensitif
    Banyak wanita hamil yang merasakan bau logam di mulutnya, ada juga yang menjadi mual jika mencium aroma kopi, teh dan makanan yang biasanya mereka sukai.
  1. Tidak lagi mendapat haid atau menstruasi pada bulan berjalan
    Jika anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan mengalami keterlambatan pada periode berjalan maka ada baiknya anda melakukan tes kehamilan sehingga anda dapat memperkirakan usia kehamilan dan perkiraan waktu persalinan. Terlambat datang bulan adalah ciri kehamilan yang paling pasti pada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur.
  1. Mual dan muntah
    Akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Mual muntah ini sering disebut sebagai “morning sickness” karena biasanya mual dan muntah tersebut terjadi di pagi hari pada beberapa hari setelah pembuahan terjadi.
  1. Sakit Kepala
    Banyak juga diantara wanita yang merasakan kepala sakit pada awal masa kehamilan. Sakit kepala yang timbul tersebut diakibatkan oleh perubahan hormon. Dalam hal ini seorang wanita harus berhati-hati dalam memilih obat pereda nyeri yang dikonsumsi.
  1. Perubahan Mood
    Merasa lebih moody beberapa hari ini? Perubahan emosi yang terjadi bisa jadi disebabkan perubahan hormon karena tubuh sedang beradaptasi dengan hormon yang baru.
  1. Nafas Pendek
    Berbagai kegiatan yang senantiasa Anda lakukan terasa lebih berat. Anda mudah terengah-engah walaupun hanya melakukan olah raga ringan jalan kaki yang secara rutin sudah Anda lakukan selama ini. Nafas pendek yang Anda alami kemungkinan adalah sebuah tanda kehamilan, dimana janin yang sedang tumbuh memerlukan oksigen sehingga jatah oksigen Anda akan semakin berkurang.

Demikian ciri-ciri wanita hamil yang perlu Anda ketahui. Perlu Anda ingat, ciri-ciri wanita hamil diatas jangan dijadikan Patoka telah terjadi kehamilan dan untuk memastikan kehamilan atau tidak, segera  periksa ke dokter kandungan atau Anda bisa juga dengan menggunakan alat tes kehamilan yang banyak tersedia di apotik.

Note: Penting dipahami bahwa ciri-ciri wanita hamil diatas bisa dialami keseluruhan, sebagian atau bahkan tidak ada gejala sama sekali selama proses kehamilan.

 

Lihat juga

Ciri-ciri Menstruasi akan segera datang

Ciri-ciri Menstruasi Akan Segera Datang

Apa itu Menstruasi ? Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh …

Ciri-ciri wanita tidak perawan

Ciri-ciri Wanita Tidak Perawan Yang Wajib Anda Baca

Apa itu Perawan / Virgin ??? Perawan atau gadis adalah perempuan yang belum mempunyai suami …

Ciri-ciri demam berdarah (dbd)

Ciri-ciri Deman Berdarah Dengue (DBD) Yang Harus Diwaspadai

Apa itu DBD ??? Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD ) adalah jenis penyakit …

Komentar:

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *