Home » Komputer dan Elektronik » Ciri-ciri RAM Komputer Rusak dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri RAM Komputer Rusak dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri RAM Komputer Rusak

Apa itu RAM?

RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk melakukan akses memory secara acak pada sebuah komputer, ketika menjalankan aplikasi. RAM memilki kemampuan membaca yang jauh lebih cepat dan lebih baik dibandingkan memory biasa, karena RAM sanggup untuk menyimpan dan membaca data tanpa perlu mengikuti urutan tertentu.

RAM komputer seringkali dikaitkan dengan perangkat keras komputer yang dapat meningkatkan kemampuan komputer dalam multitasking, sehingga banyak yang mengatakan bahwa semakin besar kapasitas RAM, maka sebuah komputer bisa lebih cepa dalam menjalankan sebuah software atau aplikasi.

Ketika RAM mengalami kerusakan, ada beberapa gejala dan juga ciri – ciri yang dapat dirasakan oleh user.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari kerusakan RAM komputer:

  1. Komputer menjadi terasa lambat

Ciri – ciri pertama ketika sebuah RAM mengalami kerusakan adalah komputer menjadi lambat, meskipun tidak sedang menjalankan aplikasi yang berat. Hal ini bisa kita lihat dari task manager, meskipun kapasitas RAM hanya terpakai kurang dari sebagian, namun komputer tetap akan terasa lambat.

Cara mengatasi : Untuk mengatasi hal ini, maka anda dapat mengecek, apakah RAM sudah terpasang dengan benar. Kalau sudah terpasang dengan benar, namun masih mengalami hal tersebut, maka segera ganti RAM dengan yang baru.

  1. Sistem Operasi tidak berjalan dengan lancar

Tentu saja sebuah sistem operasi juga membutuhkan RAM agar bisa bekerja dengan baik. Namun demikian, apabila RAM mengalami gejala kerusakan, maka SIstem operasi pastinya juga tidak akan bisa berjalan dengan lancar, tersendat – sendat, dan ada beberapa fitur yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Komputer mengalami restart sendiri

Komputer sering self restar atau restar sendiri juga merupakan salah satu ciri dari kerusakan pada RAM. Namun, selain kerusakan pada RAM, ada beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan komputer sering restart sendiri.

Cara mengatasi: Pastikan terlebih dahulu bahwa memang komputer anda mengalami kerusakan pada bagian RAM. Setelah dipastikan, maka akan sangat disarankan untuk mengganti komponen RAM anda, agar masalah ini dapat diatasi.

  1. Blue Screen

Blue Screen merupakan kondisi dimana komputer mengalmai masalah pada memory. Biasanya, kondisi blue screen bisa terjadi karena dua hal umum, yaitu kerusakan pada RAM dan juga kerusakan pada Harddisk.

  1. Aplikasi atau software seringkali tidak bisa dijalankan

Ciri berikutnya dari kerusakan pada RAM adalah aplikasi atau software yang terkadang tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Biasanya hal ini terkait dengan RAM yang tidak mampu mengakses data dari software tersebut, sehingga aplikasi atau software tersebut tidak bisa berjalan.

  1. Sering terjadi eror saat akan menginstall sebuah aplikasi

Sama seperti aplikasi yang tidak bisa dijalankan, kerusakan pada RAM juga sering menyebabkan terjadinya error ketika anda akan menginstall sebuah aplikasi baru.

Maka dari itu, ketika anda sering mengalmai eror ketika akan menginstall aplikasi, bisa jadi hal tersebut diakibatkan karena RAM anda mengalami kerusakan.

  1. Layar komputer tidak menampilkan display apa apa ( gelap )

Ciri – ciri kerusakan RAM komputer berikutnya adalah layar komputer tidak dapat menampilkan display apapun, meskipun processor dan juga VGA serta kabel – kabelnya bekerja dengan baik.

  1. Muncul bunyi bip berkali kali dan juga panjang ketika komputer dinyalakan

Bunyi bip yang panjang merupakan ciri lainnya dari kerusakan pada komponen RAM. Biasanya, selain RAM, bunyi bip juga seringkali menjadi indikator dari kerusakan komponen lain, seperti Harddisk dan juga motherboard.

  1. Komputer menjadi mudah panas

RAM yang menglami kerusakan dapat dideteksi dari kondisi RAM yang mudah menjadi panas. Ketika Ram sudah terasa sangat panas, maka hal ini sudah pasti merupakan ciri – ciri bahwa RAM mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

Komentar:

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *