Home » Kepribadian » Ciri-Ciri Orang Introvert Yang Perlu Kamu Ketahui

Ciri-Ciri Orang Introvert Yang Perlu Kamu Ketahui

ciri-ciri orang introvertApa itu Introvert?

Introvert adalah lawan dari Ekstrovert. Baca disini tentang Ekstrovert

Introvert atau Introversion adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, daripada di tempat yang terlalu banyak orang.

 

Berikut ini ciri-ciri orang yang Introvert:

  1. Tidak nyaman menjalin obrolan kecil
    Kamu yang introvert cenderung suka percakapan yang berbobot atau bermakna. Nah, kalau obrolan ringan, kamu bisa saja mendengarkan, tapi canggung untuk menimpali. Dengan begitu kamu memilih untuk lebih banyak diam.
  2. Benci tak benci dengan ponselmu
    Kamu bisa benci banget sama ponselmu karena panggilan yang masuk dari orang-orang kamu rasa mengganggu banget, mengingat kamu nggak terlalu suka keberisikan dalam bergaul, salah satunya sering mendapat telepon teman-teman. Nah, tapi kamu justru cinta banget sama ponselmu kala yang menelepon itu keluarga dan teman-teman terdekatmu. Jadi intinya, kamu itu pilih-pilih banget saat mengangkat telepon.
  3. Penuh pertimbangan untuk membalas pesan teks
    Saat kamu mendapat pesan teks dari anggota keluarga atau teman, kamu menunggu sampai kamu siap membalasnya. Kamu memikirkan dulu respons bijaksana seperti apa yang bisa kamu berikan untuk membalas pesan tersebut.
  4. Stres saat dalam situasi ramai
    Situasi ramai di sini maksudnya saat kamu bersama banyak kawanmu. Rasanya kamu ingin segera pulang dan menyendiri, sehingga bisa mengisi ulang energimu sendiri. Kamu lebih mampu menikmati kesendirianmu guna mengumpulkan tenaga untuk menjalani hidup sehari-hari.
  5. Antisosial tapi selektif dalam pergaulan
    Yup, saat kamu memilih sendiri saat bersama kawan-kawanmu, bukan berarti kamu itu nggak mau bergaul sama mereka. Hanya saja kamu nggak bisa kalau terlalu ramai dalam bergaul. Kamu memilih sendiri atau bersama orang-orang yang benar-benar kamu percaya dan kasihi. Dengan cara seperti ini, suasana lebih tenang dan intim, sehingga kamu bisa merasa nyaman saat berhubungan dengan orang lain.
  6. Pilih nongkrong sama sebagian kecil orang
    Seperti disinggung sebelumnya, dalam pergaulan kamu hanya nyaman dengan segelintir orang kepercayaan. Kamu males banget kalau gaul ramai-ramai dengan banyak teman.
  7. Kamu sangat jeli dan mengingat sekelilingmu
    Kamu adalah pribadi yang sangat memperhatikan lingkunganmu dan mengingat setiap detailnya. Jadi tak heran kalau kamu dianggap penuh perhatian sama orang sekelilingmu.
  8. Hatimu hanya terbuka bagi orang tertentu
    Sekalinya kamu menceritakan isi hati, itu hanya berlaku bagi orang tertentu dan kamu percayai. Kamu nggak akan asal cerita ke sembarang orang. Soalnya kamu nggak mau orang yang nggak kamu percaya menyebar hal yang buatmu itu hanya konsumsi pribadi atau kalangan tertentu saja.
  9. Kreatif
    Studi menunjukkan bahwa sebagai orang introvert, kamu adalah orang kreatif. Kamu mampu menyerap banyak informasi dan menggunakannya untuk menciptakan ide-ide cemerlang.
  10. Pendengar yang baik
    Nilai plus kamu adalah pendengar yang baik. Kamu mampu menyediakan waktu bagi orang lain, terutama orang terdekat untuk menceritakan isi hati mereka. Dan, kamu senang setiap kali melakukannya.
  11. Selalu introspeksi
    Kamu cenderung lebih menganalisis situasi, bahkan terhadap sesuatu yang tak perlu dianalisis sama sekali. Kamu selalu ingin memahami sesuatu lebih dalam.
  12. Berpikir sebelum berdebat
    Kamu selalu memikirkan sesuatu sebelum bertindak. Termasuk berhati-hati sekali sebelum menyampaikan pendapat kepada orang lain.
  13. Bikin orang salah paham
    Maksudnya adalah dengan kamu yang pendiam, suka sendiri atau dengan orang tertentu, orang yang sirik bakal menuduhmu sebagai orang yang hanya sedang cari perhatian.
  14. Selalu menikmati waktumu sendiri
    Saat orang lain senang nongkrong ramai-ramai bersama teman, kamu justru lebih nyaman dan tenang menyendiri di rumah. Sejurus itu kamu menghabiskan waktu untuk menekuni hobimu atau kesukaanmu yang lain.
  15. Jarang banget bosan
    Kelebihanmu ketimbang orang ekstrovert adalah tahan terhadap kesunyian dan kesendirian, sedangkan orang ekstrovert kalau nggak ramai-ramai ketemu teman rasanya dunia kiamat. Mereka nggak tahan sendirian. Kalau kamu? Kamu paling tahu cara menghabiskan waktu dalam kesendirian atau dengan orang-orang terdekat.
  16. Tidak mudah percaya
    Karena kamu lebih nyaman bersama orang tertentu, hal ini juga berpengaruh dengan kepercayaanmu terhadap orang lain. Kamu nggak mudah terbuka kepada sembarang orang karena belum tentu orang lain tersebut bisa menjaga semua rahasiamu atau amanah yang kamu berikan.
  17. Sedikit galak
    Kenapa kamu bisa galak? Soalnya kamu benar-benar menjaga privasimu hanya untuk diri sendiri dan orang kepercayaan. Sekalinya ada yang sembrono masuk ke dalam kehidupanmu dan mengacak-acak tatanan yang sudah kamu buat, kamu bakal marah besar.
  18. Lebih nyaman mengekspresikan diri dengan menulis
    Kelebihan kamu menjadi introvert adalah kemampuan untuk merenung, instrospeksi, dan berkomunikasi melalui menulis. Saat komunikasi verbal membuatmu tak selalu nyaman, terlebih dengan banyak orang, kamu akan menuangkannya ke dalam tulisan. Dengan semua kelebihanmu itu, kamu berpotensi banget jadi penulis kritis, tentang apa pun itu. Dan, hal ini membuatmu lebih nyaman. Termasuk saat berkomunikasi biasa, kamu prefer untuk berkirim pesan teks atau email ketimbang telepon, atau bertatap muka.
  19. Penganalisis karakter yang baik
    Kamu percaya bahwa kata-kata memang berfungsi sebagai alat komunikasi, tapi terkadang kata-kata hanyalah tameng dari seseorang. Maka dari itu, dari balik diammu kamu memperhatikan karakter setiap orang melalui sikap dan kebiasaannya. Dengan begitu kamu bisa memprediksi seperti apa orang tersebut, dan menentukan siapa aslinya orang tersebut.
  20. Pengambil keputusan yang bijak
    Daya analisismu terbilang bagus sehingga kamu dipercaya dalam mengambil keputusan bijak, walaupun terkadang butuh waktu lama kamu mempertimbangkan sesuatu.
  21. Orang misterius
    Yup, karena kamu lebih suka diam dan menyendiri atau berkelompok dengan segelintir orang, akhirnya orang akan bertanya-tanya kenapa sih, kamu ini? Karaktermu tak mudah ditebak, sementara kamu cukup mampu menebak karakter orang akibat kemampuan analisismu itu.
  22. Loyal
    Sekali kamu percaya sama orang, kamu akan memberikan apa pun sama orang itu. Kamu nggak mudah teralihkan dari orang kepercayaan. Temanmu patut berbangga punya teman seloyal dirimu.
  23. Tidak menyukai pembicaraan yang ringan
    Seorang Introvert adalah tipe pemikir. Dia lebih memilih membicarakan hal-hal substantif ketimbang obrolan ringan. Lebih suka membahas sesuatu yang berat seperti kehidupan, ide, teori atau tujuan hidup. Tapi dia bisa menjadi pendengar yang baik. Artinya, jika seseorang membicarakan hal ringan, dia mungkin tidak bisa terlibat dalam pembahasan itu. Tapi membuat orang nyaman dengan menjadi pendengar saja.
  24. Tidak menyukai dering Handphone
    Introvert bukan seseorang yang nyaman untuk ngobrol lewat telfon. Dia bahkan tidak dengan mudah menerima telfon dari sahabat atau bahkan keluarganya. Dia sering merasa bahwa dering telfon begitu mengganggu konsentrasinya yang sedang fokus terhadap sesuatu. Hanya kepada orang-orang tertentu dia bisa ngibrol enak lewat telfon. Dengan orang itulah dia biasa menghabiskan waktu lama untuk berbicara.

Komentar:

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *